Tidak ada bukti atau evidence untuk Operasi Scoliosis

Apa indikasi operasi untuk Scoliosis? Seperti apakah ketentuan pasien Scoliosis harus dioperasi? Seringkali apa yang dikatakan dokter Orthopedi untuk melakukan operasi bukanlah merupakan indikasi seseorang untuk dilakukan operasi. Operasi memerlukan indikasi medis misalnya, mengancam kehidupannya, kualitas hidup menurun / cacat, sakit dan nyeri yang tidak dapat ditanggulangi dengan rehabilitasi / non operasi.

Seringkali ketika seorang dokter, mendapati Scoliosis masih dalam tahap ringan, <20° (lebih kecil dari 20°), maka hanya dilakukan observasi / pengamatan saja. Menurut survey, 30% pasien Scoliosis tidak bertambah derajatnya, tapi 70% pasien Skoliosis yang didiamkan, derajatnya bertambah. Tetapi ada pula dokter yang merujuk untuk dioperasi, ini tidak masuk akal.

Pada tahap moderat, 20°-40° apabila masih dilakukan observasi, maka hal ini akan menjadi berbahaya! Apalagi didapati pada masa puber / growth spurt (usia 10-14 tahun). Pada tahap ini, lakukan sesuatu! Karena pada tahap inipun, dokter bedah tidak akan banyak melakukan apa-apa!  Kenapa? Pada masa puber, bila dilakukan operasi, resiko sangat tinggi! Banyak komplikasi dan efek samping yang bisa terjadi. Seperti crankshaft phenomenon, fenomena paskah operasi, dimana tulang belakang akan tetap bertumbuh dan berputar walaupun telah ditanam tulang besi dan sekrup, 50% kemungkinan akan terjadi operasi lanjutan dan rekonstruksi ulang dalam kurang dari 2 tahun. Tapi, dengan Brace GBW, kita bisa mengharapkan koreksi scoliosis hingga 90% pada pasien usia puber.

Pada tahap berat, >40°. Tergantung dimana usia Anda menemukan scoliosis ini menentukan pengobatan apa yang terbaik yang bisa Anda ambil. Bila usia puber 10-14 tahun, maka Brace GBW masih merupakan kesempatan terbaik yang bisa Anda miliki. Dengan rendahnya efek samping, besarnya koreksi yang dihasilkan (hingga 90%), tingkat kesuksesan yang tinggi (hingga 95%) terlihat perubahan yang terjadi baik terhadap tulang belakang dan postural badan secara kasat mata. Bila sudah melewati usia puber, brace GBW masih bisa mengembalikan pertumbuhan otot yang menciut sehingga postural badan menjadi simetris / tidak terlihat scoliosis dan masih bisa mengurangi kelengkungan (hingga 20%).

Nah apakah Operasi memiliki Bukti atau Evidence setelah paskah operasi? Yang kami maksud di sini adalah Bukti / Jurnal medis setelah paskah operasi 2 tahun bahkan 20 tahun setelah operasi. Jawabannya belum ada. Sebaliknya, survey menunjukkan 48% operasi scoliosis membutuhkan operasi kedua dalam waktu 2 tahun dan 50% lainnya dalam waktu 20 tahun kemudian. klik di sini (untuk evidence / Jurnal medis mengenai operasi Scoliosis berdasarkan jurnal medikal ilmiah)

Bahkan pada Pasien Skoliosis, gambar di atas ini, wanita umur 79 tahun, tanpa operasi memiliki kualitas hidup jauh lebih baik daripada orang yang telah dioperasi. Perbandingan ini dilakukan setelah 50 tahun follow up. Wanita ini sedikitpun tidak memikirkan untuk operasi dan sejauh ini tidak pernah mengalami gangguan fisik apapun kecuali demensia ringan.

Pria umur 76 tahun di atas ini, dengan kelengkungan 111° Cobb thoracic dan 118° Cobb lumbar. Tidak dioperasi, jarang mengalami keluhan dan sekarang telah dilakukan xray ke-4 kali selama hidupnya. Sekarang aktif berolah raga, tapi menghindari beberapa gerakan yang tidak diperbolehkan karena keterbatasan gerakan tulang belakangnya. Dia tidak memikirkan untuk operasi, walau VC 1,4l merupakan 50% dari nilai normal yang seharusnya.

Westrick ER, Ward WT. Adolescent idiopathic scoliosis: 5-year to 20-year evidence-based surgical results. Pediatr Orthop 2011 Jan–Feb;31(1 Suppl): S61-8

Tidak ada study kasus jangka panjang yang mendukung hipotesa Operasi untuk Idiophatic Scoliosis lebih superior daripada sejarah terapi konservatif. Walaupun operasi sangat dapat diandalkan untuk menghentikan progresi kelengkungan tulang belakang, mencapai koreksi yang permanen, dan memperbaiki penampilan. Seringkali tidak ada kebutuhan medis untuk operasi, berdasarkan literatur yang ada.

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us