1. Kenapa ketika menggunakan brace terdapat nyeri pada bagian tertentu?

Perlu diketahui terlebih dahulu, pada pasien Scoliosis, penggunaan Gensingen Brace, akan terjadi tekanan pada bagian yang akan dikoreksi. Pada umumnya di punggung kanan atas, atau scoliosis dengan double curve terdapat juga nyeri di pinggang kiri, dimana terdapat lengkungan di bagian lumbar.

Ini terjadi karena adanya tekanan pada bagian tubuh yang akan dikoreksi. Dan ini rasa nyeri tidak terjadi pada seluruh tubuh ketika brace ini dipakai.

Rasa nyeri ini akan hilang setelah masa adaptasi selesai, rata-rata 1 hingga 2 minggu setelah pemakaian rutin sejak hari pertama.

  1. Apakah badan saya bisa kembali terlihat lurus?

Setiap orang berbeda dan dipengaruhi pada:

  • Terapi apa yang dipakai? Schroth atau Brace GBW? Atau keduanya?
  • Seberapa patuh pasien mengikutinya (COMPLIANCE) secara benar? Waktu Pemakaian dan Pemakaian yang benar sangat penting.
  • Pada Tahap manakah Pasien tersebut memulai pengobatan? Karena hasil pengobatan akan berbeda berdasarkan fase pertumbuhan atau umur, kondisi fisik serta tingkat keparahan dari derajat kelengkungan Pasien Scoliosis tersebut memulai Terapi.
  1. Kenapa bila saya sudah lama tidak memakai Brace akan terasa sakit lagi bila tidak dipakai?

Ketika masa pertumbuhan, maka penggunaan Brace GBW diharuskan menggunakan full 22 jam setiap hari.

Bila tidak maka, karena badanmu setiap hari bertumbuh, dan kamu tidak rajin memakainya maka badan tidak bisa mengikuti koreksi dari brace. Oleh karena itu akan terjadi nyeri ataupun sakit dari waktu ke waktu seperti Pemakaian pertama kali lagi. TAPI, bila Kamu terus memakainya secara rutin, maka setelah lewat masa adaptasi 1-2minggu, nyeri tidak lagi terasa dan badan akan mengikuti koreksi brace dan bertumbuh ke arah yg benar.

  1. Bagaimana saya bisa merasa percaya diri ketika memakai brace?

Scoliosis bukanlah penyakit menular, bukanlah penyakit karena kesalahan kamu atau orang tua. Mungkin bisa jadi ada faktor keturunan tapi belum tentu ada, oleh karena itu disebut Idiophatic Scoliosis, atau Scoliosis yang tidak diketahui penyebabnya. Jadi bila orang lain tau Anda memiliki Scoliosis. Maka respon kamu seharusnya, Jangan malu! Banyak orang yang mengalami hal ini.. Justru carilah teman atau orang yang bisa menerima kamu apa adanya dan  mendukung kamu melewati masa rehabilitasi dengan brace dan latihan Schroth secara disiplin. Karena teman yang baik adalah teman yang bisa mendukung kamu!

  1. Apakah brace harus diganti setelah sekian lama?

Tergantung dari pertumbuhan tinggi, tingkat keparahan derajat kelengkungan dan progress badan kamu. Brace sudah memiliki tingkat toleransi dan ruang yang cukup untuk badan kamu kurang lebih 6bulan – 12bulan. Tapi bila kamu tidak memiliki pertumbuhan tinggi dan lebar terlalu banyak maka tidak diperlukan untuk mengganti. Bila ada, brace yang kekecilan dan tidak bisa mengkoreksi lagi perlu diganti.

  1. Bagaimana mengetahui bila ada kemajuan pada badanku?

Pertama, akan ada pemeriksaan Fisik dan Foto Badan per-tiga bulan (Setiap 3bulan). X-ray / Rontgen per-enam bulan dan perbandingan foto badan per-tiga bulan. Kedua, kamu akan merasa gejala yang dulu mengganggu mulai menghilang seperti sakit kepala, sakit pinggang, sesak nafas, pegal di punggung, dll. Ketiga, kamu makin lama merasa energik dan memiliki pernafasan yang lebih dalam.

  1. Bagaimana saya menyiasati rasa panas atau busana apa yang dipakai ketika memakai brace?

Pertama, gunakan kaos dalam tipis, berbahan katun / cotton, sehingga mudah menyerap keringat. Kemudian pakai brace dan bisa menggunakan blues, atau dress atau jaket tipis. Kedua, untuk pasien yang suka memakai Brace di luar baju, pastikan memakai baju yang berbahan lembut dan tipis.

  1. Apakah bisa hamil lagi dan punya keturunan bila menderita skoliosis?

Bisa asalkan tdk ada masalah di organ reproduksi

  1. Apakah setelah direhab, masa kehamilan lebih enak dilalui?

Tentu saja, dengan rehab yang berhasil, kurva yang lebih ringan dan otot yang sudah menguat maka masa kehamilan akan menjadi masa yang bisa dinikmati.

  1. Apa penyebab penyakit ini?

Untuk Pasien Scoliosis, 90% disebut Idiophatic: tidak diketahui penyebab yang pasti. 10% lainnya adalah congenital (kelainan sejak lahir), tumor dan lainnya.

  1. Setelah umur akil balik atau dewasa, Apakah scoliosis masih bisa bertambah?

Bila menembus derajat berat yakni 40 derajat, maka kemungkinan untuk bisa bertambah masih ada, penambahan seperti 1-2 derajat setiap tahunnya.

Pada pasien Scoliosis yang terlambat menggunakan brace dan setelah penggunaan brace selama 2 tahun, masih berada di atas 40 derajat, tetap diperlukan latihan Schroth setiap hari dan Penggunaan Brace 12jam setiap hari dan juga Perubahan kebiasaan hidup sehari hari yg benar sesuai Pola Kurva yang telah diklasifikasikan.

  1. Bagaimana jika terjadi lecet / melepuh pada bagian kulit ketika memakai brace?

Sebelum memakai brace, kulit akan mengalami kontak dengan brace, dipakaikan Alkohol 70% tunggu kering, sehingga kulit kering dan kencang. Bila tidak tahan dengan alcohol, bisa menggunakan tepung maizena.

Kemudian memakai brace dengan benar atau kencang. Sehingga brace tidak kendor yang dapat mengakibatnya pergesekan pada kulit dan menyebabkan lecet.

Jika terjadi lecet / luka lepuh dapat dioleskan dengan Bioplacenton pada bagian yang lecet dan diantisipasi dengan mengganti kaos 2-3 kali sehari sehingga tidak ada bakteri / jamur yang berkembang. Dan selalu mengulang dengan cara yang sama di atas ketika ingin memakaikan brace.

  1. Perlu berapa kali perlu melakukan terapi Schroth?

Setiap hari setelah Anda mengetahui Klasifikasi Pola Kurva Anda. Termasuk latihan Home terapi dan Kebiasaan Hidup Sehari-hari.

Bila Anda memiliki tingkat derajat yang lebih berat, kemungkinan Anda memerlukan latihan dengan Instrukstur dan alat-alat yang diperlukan. Bila Anda ingin mendapatkan pengawasan dan berat latihan yang terus dipantau maka Anda bisa mengikuti Program Rehabilitasi Scoliosis kami seminggu 1-2x.

Untuk pasien Luar kota, cukup mendapatkan 6x sesi (1 sesi @1jam) Latihan Schroth sehingga bisa melakukannya sendiri di rumah setiap hari.

  1. Apa itu Aktivitas Kehidupan sehari-hari?

ADL atau Activity Daily Living, adalah kebiasaan sehari-hari yang telah disesuaikan dengan Pola Kurva Anda, sehingga Kamu mengerti bagaimana memposisikan badan kamu menjadi lurus atau melawan kurva kamu dalam kondisi duduk, berdiri, berjalan, baik posisi santai ataupun belajar atau bekerja.

  1. Brp lama pemakaian brace yang benar?

Pemakaian Brace pada Usia 10-14tahun, yang benar adalah, 22 jam setiap hari. Dengan penggunaan 10-12jam nonstop kemudian istirahat 30-60min dan kemudian pemakaian 10-12jam kembali. Sehari hanya dibuka 2-3x utk mandi, ganti baju, olah raga. Khusus Olah raga lari tetap boleh memakai brace, bahkan dianjurkan utk hasil koreksi dan biodinamika yang baik.

  1. Berapa lama pengerjaan Latihan Schroth Rehab Scoliosis?

Pengerjaannya 1 jam / kunjungan.

  1. Apa itu Muscle Lengthening?

Ini adalah terapi memanjangkan otot secara neurologikal. Jadi Otot akan memanjang, melentur, maksimal rentang jangkauannya. Ini sangat berguna untuk para atlit yang ingin memaksimalkan performanya. Berguna juga untuk orang yang cedera olah raga, kekakuan yang tidak diketahui sebabnya, gerakan yang tidak balance kiri dan kanan, atau tidak bisa melakukan gerakan posisi tertentu seperti jongkok, membungkuk, menengadah, dsb.

  1. Apa itu neuro rehab?

Terapi neuro rehab adalah terapi pemulihan syaraf, baik syaraf motorik, sensorik, cranial, symphatik dan parasimpatik.. Berguna untuk penderita stroke, HNP atau syaraf terjepit, mempunyai rasa kebas atau baal di bagian tertentu, paskah kecelakaan, bell’s palsy, hyper cornea, lazy eyes, dyslexia / sulit membaca, sulit berkonsentrasi, vertigo, insomnia, hingga alergi. Karena syaraf yang memerintahkan organ bekerja membentuk immune system kita tidak maksimal.

Terapi neuro rehab ini menggunakan COLD LASER yang tidak panas, dan aman, untuk melakukan penguatan ke syaraf, untuk menyembuhkan peradangan, memulihkan jaringan dan menguatkan syaraf dan otot.

TESTIMONIALS

Thanks to my Doctor @BudiSugiartoW, I feel much much better from my vertigo after the treatment. Really recommended folks! 🙂

Ricky Setiawan - @OnlyRicky

Writer 'Post from Heaven'

Thanking @BudiSugiartoW for treating my knee

Jose Carol - @JoseCarol

Associate Pastor, Jakarta Praise Community Church (JPCC)

Just came back from @BudiSugiartoW 🙂 totally recommend Cranial Functional Care (Chiropractic) for a better living 😀

Tink - tink - @christinashen

JPCC's Leader

Thanking dr. Budi for treating my Tennis Elbow, my elbow is getting better and strong now.

Craige

American Expatriate

Terima kasih dr.Budi, Psoriasis saya sudah sembuh total. Sekarang saya tidak kuatir dan stress lagi dengan kulit saya

Sudiarso

Entrepreneur

Thanks Bud, I am now scoliosis and HNP free… No longer any back pain, fatigue and stress! I can enjoy more of my life.

Pipit

Facial Therapist

Terima kasih dr. Budi, akhirnya saya bisa nyetir mobil lagi sendiri. Wow! Pertama kali sejak setahun lalu saya ga bisa nyetir.. Nyeri pinggang hingga ke paha yang sangat mengganggu telah hilang. Thanks to dr. Budi.

Edy

Commodity Trader

Dr. Budi sekarang saya bisa naik motor sendiri lagi, jalan sendiri, ngapa2in semua bisa sendiri, sejak paska stroke saya sekarang mandiri lagi.. Terima kasih, maju terus.

Sugianto

Riau

Sekarang rasa nyeri di tangan dan di bahu saya telah hilang, saya bisa mengangkat tangan lagi, saya rekomendasi ke teman guru saya dok.

Nurbaiti

Teacher

Sejak saya tahu tulang belakang saya hancur satu ruas, saya pikir tidak bisa berjalan lagi, rasa nyeri luar biasa itu sudah hilang saya bisa berjalan kembali. Terima kasih dr. Budi

Ibu Aiwa

Entrepreneur

Saya kemana-mana selalu mencari WC, susah menahan kencing, malu bila mengingat saya kadang ngompol di celana, sekarang saya bisa menahan kencing, senam keygel juga lebih kuat, terima kasih atas treatmentnya.. Lasernya canggih.

Ibu Lucy

Makassar

Opening Hours

Monday, Wednesday, Friday
10:00 - 18:00 WIB

Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB

Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Email : info@kliniktulangbelakang.com
Phone : (021) 568 4770

Doctors Practice Hours


Dr. Budi S. Widjaja, MD
Monday, Wednesday, Friday
13:00 - 18:00 WIB
Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB


dr. Regina Varani, MD
Monday, Friday
10:00 - 15:00 WIB
Tuesday, Thursday
10:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Instagram @KlinikTulangBelakang

MAKE AN APPOINTMENT TODAY!

Spine Clinic Family Holistic
Jalan Daan Mogot Raya No. 176A
Jakarta Barat - Indonesia 11520
(Setelah Grogol - Indosiar,
samping flyover Daan Mogot)

View Google Maps

Phone: (021) 568 4770
Handphone: 0856 114 7133
BB PIN: DBF6A766

Career Opportunity & Workshop

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us