1. Kenapa sakit pada bagian tertentu?

Pada bagian tersebutlah koreksi terjadi. Harus bertahan! Dan selama sakit yang tertahankan atau pegal, dia akan hilang dan badanmu mengerti harus bertumbuh ke arah yang benar.

  1. Apakah badan saya bisa kembali terlihat lurus?

Cek lagi resiko dan goal yang sudah dokter jelaskan.

  1. Kenapa bila saya sudah lama tidak memakai akan terasa sakit lagi bila tidak dipakai?

Iya karena badanmu setiap hari bertumbuh.. Jadi bila kamu rajin memakainya badan akan mengikuti brace artinya bertumbuh ke arah yg benar, tapi bila tidak akan terasa seperti pertama kali lagi waktu memakai. Jadi bertahan dan pakai terus 22 jam setiap hari kecuali mandi dan exercise, maka 2 minggu akan terasa biasa.

  1. Bagaimana saya bisa merasa percaya diri ketika memakai brace?

Scoliosis bukanlah penyakit menular, bukanlah penyakit karena keturunan, bukanlah penyakit karna kesalahan kamu atau orang tua. Jadi bila orang lain tau. Tidak apa apa.. Jangan malu.. Banyak yang mengalami hal ini.. Justru carilah teman atau orang yang bisa menerima kamu apa adanya dan  mendukung kamu melewati masa rehabilitasi dengan brace. Karena teman yang baik adalah teman yang bisa mendukung kamu.. Selebihnya tidak usah terlalu dipikirkan..

  1. Apakah brace harus diganti setelah sekian lama?

Tergantung dari pertumbuhan tinggi dan badan kamu. Brace sudah memiliki tingkat toleransi dan spare yang cukup untuk badan kamu max 1 tahun. Tapi bila kamu tidak memiliki pertumbuhan tinggi dan lebar terlalu banyak maka tidak diperlukan untuk mengganti. Bila ada, brace yang kekecilan perlu diganti.

  1. Bagaimana tau bila ada kemajuan pada badanku?

Pertama, akan ada pemeriksaan per-tiga bulan. Pemeriksaan fisik, rontgen per-enam bulan dan perbandingan foto badan per-tiga bulan. Kedua, kamu akan merasa gejala yang dulu mengganggu mulai menghilang seperti sakit kepala, sakit pinggang, sesak nafas, pegal di punggung, dll. Ketiga, kamu makin lama merasa energik dan memiliki pernafasan yang lebih dalam.

  1. Bagaimana saya menyiasati rasa panas atau busana apa yang dipakai ketika memakai brace?

Pertama, gunakan kaos dalam tipis, cotton, berbahan menyerap keringat. Kemudian pakai brace dan bisa ditutup dengan blues, atau dress atau jaket tipis. Ingat pemakaian di luar baju pun (yang ngepas) diperbolehkan selain menjadi tidak terlalu panas, brace juga terlihat modern dan bagus.

  1. Apakah bisa hamil lagi dan punya keturunan bila skoliosis?

Bisa asalkan tdk ada masalah di organ reproduksi

  1. Apakah setelah direhab, masa kehamilan lebih enak dilalui?

Tentu saja, dengan rehab yang berhasil, kurva yang lebih ringan dan otot yang sudah menguat maka masa kehamilan akan menjadi masa yang bisa dinikmati.

  1. Apa penyebab penyakit ini?

Tidak ada penyebab yang pasti dari penyakit skoliosis. Maka dinamakan idiopathic. Jadi bukan karna keturunan, walaupun orang dengan kelainan scoliosis mempunyai chance / kemungkinan yang lebih tinggi untuk mempunyai anak yang scoliosis. Tapi 40% lainnya tidak.

  1. Apakah setelah umur akil balik scoliosis masih bisa bertambah?

Bila menembus derajat berat yakni 40 derajat, maka kemungkinan untuk bisa bertambah derajat sangatlah besar. Oleh karena diperlukan bukan hanya latihan skoliosis, tapi juga pengetahuan kebiasaan hidup sehari hari yg benar.

  1. Bagaimana jika terjadi lecet / melepuh pada bagian kulit ketika memakai brace?

Jika terjadi lecet / luka lepuh dapat dioleskan dengan Bioplacenton pada bagian yang lecet dan diantisipasi dengan mengganti kaos 2-3 kali sehari sehingga tidak ada bakteri / jamur yang berkembang.

  1. Perlu berapa kali melakukan terapi Cranial Functional Care?

Pada waktu Syaraf Cranial kita dikuatkan, maka penguatan motorik yang didapatkan itu sifatnya permanen, sampai apabila pasien cidera atau jatuh maka akan diperlukan terapi ulang. Untuk satu seri terapi pada umumnya, diperlukan 7-14x terapi.

  1. Apakah scoliosis rehab sakit dalam pengerjaannya?

Untuk beberapa kasus iya, tetapi jenis sakit yang dialami bukanlah sakit yang tidak tertahankan melainkan sakit yang sesaat saja, ketika tulang tersebut dikoreksi, yang seringkali langsung berganti dengan rasa yang nyaman dan lega.

  1. Berapa lama untuk terapi Rehab Scoliosis?

Pengerjaannya kurang lebih 1 – 1,5 jam / kunjungan.

  1. Apa itu Muscle Lengthening?

Ini adalah terapi memanjangkan otot secara neurologikal. Jadi Otot akan memanjang, melentur, maksimal rentang jangkauannya. Ini sangat berguna untuk para atlit yang ingin memaksimalkan performanya. Berguna juga untuk orang yang cedera olah raga, kekakuan yang tidak ada sebabnya, gerakan yang tidak balance kiri dan kanan, atau tidak bisa melakukan gerakan posisi tertentu seperti jongkok, membungkuk, menengadah, dsb.

  1. Apa itu neuro rehab?

Terapi neuro rehab adalah terapi pemulihan syaraf, baik syaraf motorik, sensorik, cranial, symphatik dan parasimpatik.. Berguna untuk penderita stroke, HNP atau syaraf terjepit, mempunyai rasa kebas atau baal di bagian tertentu, paskah kecelakaan, bell’s palsy, hyper cornea, lazy eyes, dyslexia / sulit membaca, sulit berkonsentrasi, vertigo, insomnia, hingga alergi. Karena syaraf yang memerintahkan organ bekerja membentuk immune system kita tidak maksimal.

Terapi neuro rehab ini menggunakan COLD LASER yang tidak panas, tidak terasa apapun sewaktu melakukan penetrasi ke syaraf, untuk menyembuhkan peradangan, memulihkan jaringan dan menguatkan syaraf dan otot.

Opening Hours

Monday, Wednesday, Friday
10:00 - 18:00 WIB

Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB

Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Email : info@kliniktulangbelakang.com
Phone : (021) 568 4770

Doctors Practice Hours


Dr. Budi S. Widjaja, MD
Monday, Wednesday, Friday
13:00 - 18:00 WIB
Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB


dr. Regina Varani, MD
Monday, Friday
10:00 - 15:00 WIB
Tuesday, Thursday
10:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Instagram @KlinikTulangBelakang

MAKE AN APPOINTMENT TODAY!

Spine Clinic Family Holistic
Jalan Daan Mogot Raya No. 176A
Jakarta Barat - Indonesia 11520
(Setelah Grogol - Indosiar,
samping flyover Daan Mogot)

View Google Maps

Phone: (021) 568 4770
Handphone: 0856 114 7133
BB PIN: DBF6A766

Career Opportunity & Workshop

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us