Apa itu Scoliosis?

  1. Bengkoknya atau melengkungnya tulang belakang. Hal ini terlihat saat melihat tulang belakang dari depan atau belakang, disebut profil koronal.
  2. Sebuah twist terjadi pada tulang belakang. Sehingga Vertebra yang dipelintir tidak sejajar lurus pada kondisi normal. Proses memelintir dan melengkung hampir selalu terjadi bersamaan.
  3. Hilangnya kurva tulang belakang yang normal. Bila dilihat dari samping, tulang belakang harus memiliki tiga kurva yang normal secara jelas : lordosis cervical , kyphosis toraks , dan lordosis lumbal.

Jadi “Kekuatan” apakah yang mendorong tulang belakang anak Anda untuk membengkok, bongkok dan memutar ?

Kita perlu menemukan penyebab dari Scoliosis. Dengan memahami PENYEBABnya akan membantu kita untuk menyembuhkan scoliosis. Memahami jawaban maka kita dapat mengetahui keberhasilan atau kegagalan dalam pengobatan. Ini adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan dengan dokter. Mencari jawaban atas pertanyaan ini adalah bagian penting dari filosofi perawatan kami .

Apakah Anda Tahu Penyebab Scoliosis Anak Anda?

Diagnosa “Idiopatik Scoliosis Remaja” (Adolescent Idiophatic Scoliosis disingkat AIS). Anak penderita scoliosis sering kali disebut “idiopathic”.

Mari kita mendalami apa pengertian “diagnosis” ini?

“Idiopathic scoliosis remaja”
• Remaja artinya Anak muda yang dalam proses berkembang menjadi dewasa

• Idiopatik artinya terlalu “bodoh” untuk memahami penyebab atau patogenesis

• Scoliosis artinya sebuah deformitas atau kecacatan torsional tiga dimensi dari tulang belakang.

Dan bagian apa yang hilang?

Seringkali upaya untuk membuat diagnosis berhenti dengan label “idiopatik.” Sangat penting untuk menyadari bahwa diagnosis ini telah gagal untuk menentukan akar penyebab, dan hanya berhenti sampai menjelaskan arti dalam bahasa Yunani yang mengatakan “anak remaja Anda memiliki scoliosis dan kita tidak tahu mengapa. ”

Kami tidak percaya penyebab skoliosis anak Anda harus tetap misteri.

Beberapa orang tua, dan bahkan kadang-kadang beberapa dokter, bersikap seolah-olah “idiopatik” berarti TIDAK ADA PENYEBAB. Namun tulang belakang melengkung dan membengkok untuk sebuah ALASAN.

Bukankah Tubuh selalu memiliki alasan?

Mengobati “Idiopatik Scoliosis Remaja” sebagai diagnosis permanen dan final akan membantah asumsi dasar sebab dan akibat. Mungkin tak seorang pun pernah melakukan upaya konsisten untuk mencari tahu alasan untuk scoliosis anak Anda.

Kami percaya bahwa ilmu pengetahuan dan kepedulian dokter yang modern MAMPU mencari tahu apa yang salah, dan bagaimana caranya untuk membantu. Seorang filsuf Perancis Voltaire berkata, “Tidak ada masalah yang dapat bertahan dari serangan pemikiran yang berkelanjutan.”

 3 Penyebab Akar Scoliosis

1. Ketegangan Saraf

Kasus Ketegangan Saraf scoliosis adalah situasi di mana ada sumsum tulang belakang yang ketat, tidak elastis, atau terhambat. Ekor Saraf atau meninges menciptakan kekuatan pendorong utama yang menyebabkan tulang belakang untuk membengkok menjadi scoliosis. Ketegangan Saraf kemungkinan akar penyebab paling umum dari scoliosis. Jika scoliosis yang maju pesat, dan telah didiagnosis sebagai “idiopatik,” maka kemungkinan ia memiliki penyebab Ketegangan Ekor Syaraf

Contoh patologi Ketegangan saraf yang dapat menyebabkan scoliosis meliputi:

• Tumor atau kista: ini dapat mengikat meninges atau kabel dan menyebabkan ketegangan pada saraf, menyebabkan skoliosis. Mereka juga dapat membuat disfungsi neuro-otot seperti yang dijelaskan dalam akar penyebab nomor 3.
• anomali intraspinal: Sumsum tulang belakang atau saraf mengembangkan embriologis sedemikian rupa sehingga satu sisi atau salah satu bagian dari meningies ditarik ketat saat lahir. Meskipun masalah yang terjadi saat lahir, hal itu mungkin tidak muncul sampai anak mulai memiliki ledakan pertumbuhan yaitu masa puber remaja.
• Sindrom Sumsum yang terhambat: Ini lagi lagi kondisi sejak lahir yang menyebabkan seluruh sumsum tulang belakang ditarik terasa lebih rendah terhadap sakrum, menempatkan ketegangan pada saraf tulang belakang.
• Pengembangan Uncoupled Neuro-osseus: Ini berarti bahwa sumsum tulang belakang (neuro) tidak tumbuh secepat atau sepanjang tulang tulang belakang (tulang). INI mungkin menjadi diakui sebagai penyebab paling umum dari scoliosis remaja.

2. Akar Penyebab Struktural atau Biomekanik dari Scoliosis

Contoh Scoliosis Disebabkan oleh Struktural Kaki Pendek SebelahScoliosis karena kaki pendek sebelahAkar Penyebab “Struktur” dapat merujuk pada tulang yang asimetris atau berbentuk tidak imbang. Misalnya, ruas setengah terbentuk saat lahir, dikenal sebagai hemi-vertebra, juga dapat membuat scoliosis a. Contoh lain dari scoliosis struktural-biomekanik adalah ketika satu kaki tumbuh sedikit lebih panjang dari yang lain, menyebabkan sakrum menjadi selevel. Sakrum atau tulang ekor adalah dasar tulang belakang, sehingga ketika sakrum miring, maka tulang belakang miring, dan bisa ada scoliosis ringan (dan kadang-kadang moderat / Medium) sebagai hasilnya.Penyebab dari Struktural Tubuh, mungkin juga berlaku untuk ligamen kerusakan dari trauma atau dari degenerasi cakram. Jika ligamen menstabilkan dan mengunci tulang belakang yang rusak atau robek, vertebra dapat berespon memiringkan, atau menciptakan kurva scoliotic.

Kondisi ini sangat umum dan BIASANYA hanya menyebabkan ringan sampai sedang scoliosis non-progresif.

3. Penyebab Patologi Neuromuscular.

Contohnya termasuk tetapi tidak terbatas pada:
• Cerebral Palsy
• Poliomyelitis
• Distrofi otot
• chiari berat dan syringomyelia
• defisit neurologis Fungsional Dalam kondisi ini, ada gangguan baik dalam sistem tubuh control (otak) atau saraf yang menghubungkan otak ke otot-otot, atau otot itu sendiri tidak dapat bekerja dengan benar. Misalnya, dalam cerebral palsy, ada kurangnya kontrol sistem saraf pusat yang tepat dalam otak. Pada poliomyelitis, saraf perifer yang membawa sinyal dari otak ke otot-otot yang rusak. Dalam distrofi otot, ada kelemahan otot, rendering otot yang dapat mendukung tulang belakang lurus. Kasus patologi Neuro-otot cenderung lebih agresif. Perkembangan dari scoliosis-kecenderungan kurva tumbuh besar sering cukup tinggi.

Ketegangan Saraf Penyebab paling umum dari “idiopatik” Scoliosis?

Teori bahwa Syaraf tulang belakang yang ketat bisa menjadi penyebab scoliosis remaja pertama kali diusulkan oleh neuroradiologist bernama Dr. Roth pada tahun 1968. Teori ini lebih lanjut diuraikan oleh Dr Porter pada tahun 2001, dan telah menjadi dikenal sebagai Roth-Porter Hipotesis .

Untuk memahami bagaimana Saraf tulang belakang yang ketat dapat menyebabkan scoliosis, Roth & Porter menggunakan analogi string yang berjalan melalui tengah-tengah musim semi. Semi merupakan tulang belakang, dan string merupakan saraf tulang belakang. Sebagai string ditarik ketat, kumparan pegas ke dalam bentuk scoliotic.

Paling umum, ketegangan saraf disebabkan masalah yang disebut Pengembangan uncoupled Neuro-osseus, yang berarti bahwa tulang tumbuh lebih cepat dari saraf, menciptakan sumsum tulang belakang atau ketegangan meningeal. Hasil saraf tulang belakang yang relatif pendek ini menjadi kekuatan tarikan pada bagian posterior dari kolom tulang belakang, menyebabkan kolom untuk mengompres ke bawah.

Sama seperti ketegangan pada string akan menyebabkan musim semi untuk memutar ke dalam, sehingga ketegangan pada saraf tulang belakang akan menyebabkan tulang belakang untuk memutar ke dalam. Posisi scoliotic memutar ke dalam (Atau ke arah saraf tulang belakang) ini sebenarnya mengurangi ketegangan pada saraf tulang belakang yang ketat. Scoliosis adalah posisi adaptif dalam menanggapi ketegangan saraf.

Tanda atau gejala Anda mengalami Scoliosis adalah:

  1. Pinggul dan bahu tinggi sebelah dan berada pada sisi yang sama. Misalnya bahu kanan tinggi, pinggul kanan juga tinggi
  2. Ketika anda menunduk maka akan terlihat sebelah sisi tulang anda menonjol.
  3. Sering mengalami perut kembung, sembelit atau susah buang air besar
  4. Sesak nafas dan berdebar-debar, akibat menyempitnya rongga rusuk di dada anda.
  5. Cepat capai walau hanya sebentar beraktivitas
  6. Rasa pegal sebelah di belakang punggung dan pinggang
  7. Kaki yang panjang sebelah bahkan otot menyusut sebelah
  8. Sakit kepala dan lainnya.

Apa yang akan kami lakukan?

  1. Pemeriksaan Scoliosis dan X-Ray untuk: 1.Membaca umur tulang Anda dan perkiraan pertumbuhan Anda / Anak Anda. 2.Menentukan Pola Kurva Scoliosis dan Stage Skoliosis Anda. Ringan:10°-25°. Medium:25°-45°. Berat/Severe:Lebih dari 50° 3.Menentukan Opsi Menejemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki.  Baca “Resiko dan Opsi Manajemen Skoliosis terbaik yang Anda miliki”.
  2. Program Schroth Best Practice. Kami Mengedukasi Anda untuk mengenal Kurva Skoliosis Anda, kemudian melatih pernafasan, otot-otot yang lemah dan mengembalikan putaran dan kelengkungan tulang skoliosis melalui program yang sudah dirancang secara custom / spesifik untuk Anda secara pribadi.
  3. Koreksi tulang
    Kami mengkoreksi posisi tulang agar biodinamika fungsi gerak dari tulang belakang menjadi baik. Seringkali pasien skoliosis kehilangan biodinamika fisiologi tulang, sehingga terjadi seperti ‘flatback’, nyeri, pegal, gampang letih dan badan yang semakin bongkok. Dengan koreksi tulang, maka pasien akan mengalami perbaikan yang signifikan dan baik.
  4. Rehabilitasi
    Di tahap ini kami melakukan rehabilitasi terhadap tulang belakang, otot, serta syaraf Anda yang bermasalah. Penguatan otot, syaraf motorik dan cranial yang berkaitan akan mengembalikan pemulihan dengan lebih cepat.
  5. Latihan Isometrik
    Latihan ini kita memprogram ulang sistem keseimbangan, serta pendinginan seluruh proses yang ada.
  6. Senam Schroth dan Edukasi AHS (Aktivitas Hidup Sehari-hari) di rumah
    Pasien diwajibkan melakukan Senam Schorth dan mengerti posisi fisiologi secara spesifik menurut bentuk kurva uniknya.
  7. Brace GBW dengan cara pemakaian, goal dan tujuan yang berbeda pada tiap stage/level skoliosis Anda.

Opening Hours

Monday, Wednesday, Friday
10:00 - 18:00 WIB

Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB

Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Email : info@kliniktulangbelakang.com
Phone : (021) 568 4770

Doctors Practice Hours


Dr. Budi S. Widjaja, MD
Monday, Wednesday, Friday
13:00 - 18:00 WIB
Tuesday, Thursday
09:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB


dr. Regina Varani, MD
Monday, Friday
10:00 - 15:00 WIB
Tuesday, Thursday
10:00 - 15:00 WIB
Saturday
08:00 - 14:00 WIB

Instagram @KlinikTulangBelakang

MAKE AN APPOINTMENT TODAY!

Spine Clinic Family Holistic
Jalan Daan Mogot Raya No. 176A
Jakarta Barat - Indonesia 11520
(Setelah Grogol - Indosiar,
samping flyover Daan Mogot)

View Google Maps

Phone: (021) 568 4770
Handphone: 0856 114 7133
BB PIN: DBF6A766

Career Opportunity & Workshop

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us