0 Items

Gerakan yang tidak diperbolehkan untuk pasien skoliosis

Ternyata ada latihan atau gerakan yang tidak diperbolehkan untuk pasien skoliosis! Tidak semua gerakan atau latihan yang boleh untuk orang sehat, diperbolehkan untuk pasien scoliosis. Karena pada pasien Skoliosis, terdapat kelainan tulang belakang yang tidak hanya bengkok tetapi mengalami rotasi secara bersamaan, yang menyebabkan tulang rusuk menonjol ke belakang membentuk ‘hump’ atau punuk.

Sehingga gerakan-gerakan di bawah ini akan memperparah rotasi dan lengkungan pada pasien scoliosis.

Gerakan Yang Tidak Diperbolehkan Untuk Pasien Skoliosis

Gerakan seperti sit-up, kayang/back arch, duduk bersila ataupun kaki lurus, dll TIDAK DIPERBOLEHKAN. Gerakan-gerakan yang tidak diperbolehkan ini pada dasarnya, melibatkan tulang belakang melakukan flexion (menekuk ke depan), ekstension (menekuk ke belakang), rotasi. Jadi berhati-hati melakukan beberapa gerakan gymnastic, yoga atau pilates. Karena perlu diperhatikan, tulang Anak Scoliosis tidak sama dengan orang normal, oleh karena itu terbatas melakukan gerakan yang orang normal bisa lakukan.  Baca juga olah raga yang tidak diperbolehkan untuk pasien scoliosis.

Selain itu harus diperhatikan bahwa Orang dengan scoliosis tidak diperbolehkan mengangkat beban lebih dari 4kg ataupun 1/10 dari berat badannya. Karena beban berat akan memberikan beban/trauma kepada tulang belakang, dan ini akan menambah kelengkungan dari tulang belakang.

Oleh karena itu mari lakukan dan pelajari Program latihan Schroth, yang secara spesifik diprogram untuk type scoliosis yang Anda punyai menurut 7 klasifikasi kurva Scoliosis. Dimulai latihan pernafasan untuk menambah volume pernafasan anda, kebiasaan mengenai posisi duduk ketika santai, belajar dan bekerja, latihan mengkoreksi scoliosis Anda, latihan penguatan otot yang lemah, sehingga dapat bertumbuh keluar dengan baik.

Akan tetapi mengetahui gerakan yang tidak diperbolehkan saja tidak cukup. Bila anak Anda atau Anda masih masa puber, maka memakai Brace adalah keharusan. Karena pada masa puber, scoliosis masih bisa dikoreksi dan diperbaiki dengan maksimal. Kenapa demikian? Pada masa puber, pertumbuhan badan dan tulang belakang sedang pesat oleh karena itu bila Anak Anda memiliki scoliosis maka pertumbuhan kelengkungan dan rotasi akan berkembang. Oleh karena itu dia memerlukan brace yang bisa mengkoreksi dan mensupport badannya ketika masa pertumbuhan.

Dengan mengerti gerakan yang tidak diperbolehkan untuk pasien skoliosis dan mempelajari Schroth, Anda akan punya kesadaran/awareness, mengenai pola kurva Scoliosis yang dimiliki Anda, maka Anda bisa melawan scoliosis Anda.

WhatsApp us
X