0 Items

Teknik operasi skoliosis beberapa tahun lalu mulai diperbaharui dengan adanya teknologi Magec rods. Operasi skoliosis yang standard biasanya menggunakan metal rod untuk meluruskan kebengkokan tulang, namun seiring pertumbuhan anak maka rod harus diganti hampir setiap 6 bulan.

Magec rods berfungsi sebagai alternatif yang lebih efisien karena dapat diperpanjang dengan bantuan magnet biarpun rod masih terpasang di dalam tubuh.

Penggunaan Magec rods sendiri telah direkomendasi oleh NICE, sebuah badan yang mengawasi pelayanan kesehatan nasional di Inggris dan kemudian diterima di negara-negara Eropa dan 5 tahun setelahnya mulai masuk ke Amerika Serikat.

Namun salah seorang anak bernama Anthony yang dioperasi dengan menggunakan Magec rods pada tahun 2013 mengalami kejadian tak mengenakkan.

Rod yang ada di tubuhnya patah satu tahun setelah dipasang, setelah itu rod diganti yang baru namun dalam kurun waktu satu tahun berikutnya kembali patah dan akhirnya harus dikeluarkan permanen.

Setelah diteliti di Newcastle University, dari 100 Magec rods yang dianalisa, 80 di antaranya tidak bekerja sebagaimana mestinya, khususnya dalam hal pemanjangan.

Rods tersebut juga menjadi rentan patah seiring dilakukan pemanjangan. Mereka juga menemukan bahwa terdapat serpihan titanium dari Magec rods yang bocor ke tulang belakang pasien, yang belum diketahui apa efek jangka panjangnya.

Terapi ini sendiri sebelum dikeluarkan hanya diuji pada hewan babi dan mayat. Para peneliti ini lalu mempertanyakan keabsahan teknologi baru ini karena sedikitnya bukti efektivitas yang ada, dengan studi yang hanya melibatkan sejumlah kecil pasien.

NICE sendiri kemudian menyatakan bahwa rekomendasi penggunaan Magec rods dilakukan setelah pertimbangan antara bukti klinis dan nilai ekonomi, dan pihak produsen tidak menyebutkan isu keamanan seperti yang saat ini terjadi.

Tetapi pihak produsen Nuvasive mengatakan bahwa alat ini efektif dan menghindarkan pasien dari komplikasi akibat operasi konvensional berulang.

Pemilihan terapi skoliosis dengan operasi memiliki berbagai resiko yang tentunya harus dipertimbangkan dengan seksama, apalagi dengan adanya berbagai jenis metode baru yang masih dipertanyakan efektivitas dan keamanannya.

WhatsApp us
X