0 Items

Brace GBW adalah Brace yang berdasarkan konsep Schroth yang telah memiliki sejarah panjang dalam mengobati scoliosis, yang hampir berusia 100 tahun sejak tahun 1921. Brace GBW diciptakan dan dikembangkan berlandaskan prinsip-prinsip Schroth. Diciptakan oleh seorang dokter Ortopedi dan bedah tulang belakang di Jerman, bernama Dr. Hans-Rudolf Weiss, MD. Saat ini brace GBW telah dipakai di berbagai negara seperti Eropa, Amerika, Afrika, Asia dan Indonesia. Penerapan sistem brace GBW yang berstandar tinggi membuat brace GBW berdampak baik terhadap penyembuhan skoliosis. Brace GBW dan metode Schroth telah memiliki banyak bukti klinis yang dapat dilihat di berbagai jurnal medis internasional.

Setiap Brace GBW yang diterapkan kepada pasien Scoliosis merupakan rancangan langsung dari Dr. Weiss. Rancangan dibuat secara digital dengan teknologi 3D (Tiga Dimensi) kemudian dicetak dengan mesin menjadi brace dan dipakaikan mengikuti Standard Operation Procedure (SOP) khusus oleh dokter atau tenaga kesehatan yang telah dilatih dan tersertifikasi.

Setiap brace diukur dan discan 3D (Tiga Dimensi), setelah itu dalam 3-4hari kerja brace selesai diproduksi. Brace setelah diproduksi kemudian dilakukan fitting guna menjamin kenyamanan dan kualitasnya. Setelah melalui tahapan fitting, kemudian pasien akan di-rontgen dengan memakai brace untuk memastikan seberapa jauh hasil koreksinya. Pada akhirnya setelah semua proses telah dijalani, pasien akan dipantau melalui cek-up atau follow up setiap 3 bulan hingga masa terapi brace dinyatakan telah selesai. Berbeda dengan brace yang lainnya, brace GBW sejak awal, sejak proses desain brace dilakukan oleh dokter ortopedi, dan perkembangan pasien juga ditangani oleh ahli medis yang disertifikasi, dengan supervisi langsung dari Dr. Weiss di Jerman. Monitoring pemulihan pasien Scoliosis secara teratur adalah wujud komitmen Brace GBW.

Pengerjaan dan Fitting brace GBW, mulai dari pemeriksaan, pemasangan hingga follow up dipegang oleh dokter yang disertifikasi dan disupervisi oleh Ortopedi di Jerman. Jadi pengerjaannya berkolaborasi dengan berbagai multi disiplin ilmu mulai fisioterapis, perancang grafik 3D, dan ortotik yang terus disupervisi dan penatalaksananya dilakukan langsung oleh dokter tersertifikasi untuk memastikan hasil yang terbaik.  

Sedangkan brace rigid lainnya, pengerjaan dan pemasangannya hanya direkomendasikan oleh dokter ortopedi ke ortotiks. Jadi dokter Ortopedi yang bersangkutan tidak lagi memasangkan brace tersebut, tidak lagi memeriksa atau memfollow-up brace scoliosis tersebut. Sedangkan Ortotik yang direkomendasikan, tidak selalu paham bagaimana prognosis/perkembangan Scoliosis Anda ataupun Anak Anda, karena ilmu ortotiks hanya paham bagaimana memproduksi brace.

Tabel Perbedaan Brace GBW dan Brace Rigid lainnya :

Tingkat keberhasilan / survival rate Brace GBW dan lainnya :

Jurnal-jurnal medis dan link nya :

1. “Brace technology” thematic series – the Gensingen brace™ in the treatment of scoliosis

2. Asian Spine Journal – Development of CAD/CAM Based Brace Models for the Treatment of Patients with Scoliosis-Classification Based Approach versus Finite Element Modelling

3. Bracing scoliosis: the evolution to CAD/CAM for improved in-brace corrections

4. Bracing can lead to a persistent correction in the treatment of Adolescent Idiopathic Scoliosis: A case report

5. Remodelling of trunk and backshape deformities in patients with scoliosis using standardized asymmetric computer-aided design/computer-aided manufacturing braces

6. A Prospective Cohort Study of AIS Patients with 40° and More Treated with a Gensingen Brace (GBW): Preliminary Results

7. Scoliosis bracing and exercise for pain management in adults—a case report

8. Standardising the treatment with Chêneau braces via CAD: Prospects and risks

Tentu keberhasilan Pemakaian Brace GBW ditentukan oleh banyak faktor, seperti: Usia Pasien Skoliosis pada waktu pertama kali pemakaian; Pemakaian yang lama dan benar; Derajat dan Komplesitas Kurva waktu pertama kali pemakaian; Daya tahan sang anak dalam memakai brace; dan support dan dukungan dari keluarga / teman dalam mensukseskan pemulihan sang anak memakai brace. Baca: Scoliosis Anda tidak menunggu. Baca : deteksi Dini. Sehingga sedini mungkin ditemukan scoliosis, langsung memakai brace GBW yang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan memiliki evidence based/publikasi ilmiah medis yang jelas, dan kepatuhan pemakaian Brace yang rutin dan benar akan mempengaruhi hasil akhir yang baik.

Contoh Pasien

Pasien kami perempuan, usia 13 tahun

Awal –> 12 bulan
Awal –> 12 bulan
Rontgen Awal –> 12 bulan

Pasien kami perempuan, usia 17 tahun

Awal –> 6 bulan
Awal –> 6 bulan
Rontgen Awal –> 6 bulan
WhatsApp us
X