0 Items

Dalam 10 tahun belakangan, semakin banyak brace scoliosis yang  bermunculan, dan masing-masing mengklaim produk mereka adalah yang terbaik. Tetapi bagi Anda pasien scoliosis, lebih baik Anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan memakai yang mana.

Pada artikel ini saya akan membahas apa itu brace spesifik dan tidak spesifik. Banyak brace yang mengatakan setiap brace kami unik dan dibuat khusus untuk setiap pasien (custom made). Tetapi apakah itu cukup mengakomodasi scoliosis Anda atau Anak Anda?

Semua Brace yang tidak mengkategorikan pola kurva Anda dan hanya mempunyai bentuk yang sama untuk semua pasiennya adalah brace tidak spesifik! Walaupun dalam klaim mereka, mereka membedakan antara kurva yang satu dengan yang lainnya. Tetapi Anda sebagai pasien dapat melihat dan membedakan secara kasat mata, bahwa bentuk Brace yang spesifik akan memiliki bentuk berbeda-beda untuk masing-masing kurva scoliosis.

Contoh brace tidak spesifik adalah: Boston brace, Milwaukee brace, Cheneau Brace manual, TLSO, hingga berbagai merek hard brace yang hanya memiliki 1 macam bentuk hingga soft brace yang tidak mampu mengkoreksi scoliosis. Kesamaan cirinya adalah: Pertama mereka hanya memiliki bentuk yang sama untuk semua pola kurva scoliosis, kedua mereka tidak mengkomodasi koreksi 3 dimensi yang dibutuhkan oleh pasien scoliosis. Ini terlihat pada pasien yang telah memakai brace setelah sekian lamanya.

Pertanyaannya adalah:

  1. Berapa banyak cobb’s angle atau sudut derajat yang berkurang?
  2. Berapa banyak perputaran / rotasi tulang belakang yang dapat brace itu perbaiki?
  3. Berapa baik bentuk badan yang dihasilkan setelah memakai brace?
  4. Apakah brace scoliosis ini langsung memberikan efek perubahan tulang belakang yang signifikan ketika dipakai? Bila jawabannya tidak maka Anda tidak perlu menunda pengobatan terbaik yang dapat Anda berikan kepada Anak Anda.

Sebaliknya Brace yang spesifik adalah:

  1. Brace yang dapat mengurangi cobb’s angle / sudut kelengkungan secara drastis.
  2. Brace yang memperbaiki rotasi tulang belakang secara drastis. Bukan hanya itu tetapi juga memperbaiki postural tubuh seperti level ketinggian bahu, level ketinggian pinggul, postur lordosis yang sehat, (4-5 dimensi yang diperbaiki).
  3. Brace dapat memberikan bentuk badan yang simetris.
  4. Brace yang dapat memberikan efek signifikan perbaikan tulang belakang ketika dipakai dan terlihat ketika dilakukan foto rontgen / xray.

Dan Brace spesifik ini adalah Brace GBW (Gensingen Brace according to Weiss), yang dimana hanya diproduksi dan bekerja dengan:

  1. Cara Metode Schroth (sebuah metode rehabilitasi Scoliosis sudah 4 generasi di Jerman),
  2. Pengkategorian / klasifikasi kurva yang telah terbukti ampuh,
  3. Setiap brace nya menggunakan teknologi 3D CAD/CAM dan didesign oleh dokter di Jerman.
WhatsApp us
X