0 Items

World Health Organization (WHO) memberikan peryataan bahwa terdapat ratusan juta orang terganggu kehidupan akibat gangguan musculoskeletal, yaitu suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang. Sistem muskuloskeletal Anda melibatkan struktur yang mendukung anggota badan, leher dan punggung.

Gangguan musculoskeletal yang banyak dijumpai sekitar 20-30% dari seluruh anak di dunia adalah kaki datar atau yang biasa disebut ‘flat foot’, dimana bentuk lekukan kaki datar dan menyentuh lantai seluruhnya.

Contoh kaki normal dan masalah-masalah pada kaki

Penyebab umumnya flat foot adalah kelainan yang diturunkan dari generasi ke generasi, misalnya dari ayah ke anaknya, dan seterusnya.

Gejala flat foot ditandai dengan hilangnya lengkungan pada telapak kaki, sehingga seluruh bagian pada telapak kaki dapat menyentuh lantai ketika berdiri. Flat foot pada awalnya masih bersifat elastis, yang berarti lengkungan masih dapat terlihat ketika pasien berjinjit. Namun seiring bertambahnya usia, kondisi dapat makin memburuk, terutama jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Flat foot yang memburuk dapat menjadi kaku sepenuhnya, dan lengkungan tidak lagi terlihat meski ketika berjinjit.

Pada kasus tertentu, penderita flat foot juga merasakan gejala lain, seperti:

  • Nyeri, terutama pada area lengkungan atau tumit.
  • Pergerakan terganggu, seperti sulit berdiri dengan menumpu pada jari kaki.
  • Pembengkakan pada bagian bawah kaki.
  • Kaki mudah pegal.

Kondisi flat foot dapat terjadi pada satu sisi atau bilateral dan dapat mempengaruhi integritas postural pada tungkai bawah dan kaki. Jika otot yang menyokong lengkung kaki melemah maka telapak kaki menjadi datar dan jatuh ke arah dalam. Hal ini menyebabkan lutut, panggul, dan tulang belakang di atasnya ikut memuntir. Daya puntiran atau torsi mempercepat perburukan skoliosis karena menambah rotasi tulang belakang yang abnormal.

Untuk mengatasi permasalahan ini, terapi yang tepat adalah dengan menggunakan custom made insole yang dibuat khusus menyesuaikan kebutuhan kaki si pemakai dengan teknik komputerisasi. Custom made insole ini akan memperbaiki posisi telapak kaki, sehingga mengatasi puntiran pada tungkai bawah dan struktur di atasnya seperti tulang belakang, agar skoliosis tidak semakin bertambah parah.

Teknologi Custom made insole ini sudah tersedia di klinik kami. Proses pembuatan presisi dan cepat 30-45 menit langsung pasang pada sepatu pasien, serta dibuat menyesuaikan kebutuhan kaki si pemakai dengan teknologi komputerisasi, diperuntukkan untuk menolong mengkoreksi masalah telapak kaki Anak-anak dan 32 indikasi orthotics kaki, termasuk nyeri lutut anterior, kaki diabetes, flat foot (telapak kaki pipih/datar), high arch (kaki tinggi-lengkung), plantar fasciitis, sakit kaki depan.

Custome Made Insole by Capron Podologie
WhatsApp us
X